Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Kota Sukabumi Fasilitasi Pembuatan PIRT

96

Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, melalui unggahan media sosialnya mengumumkan Pembuatan izin edar P-IRT ( Produk Industri Rumah Tangga) secara gratis yang dapat diikuti oleh para pengusaha usaha mikro Kota Sukabumi.

Syarat mendapatkan izin edar P-IRT, para pengusaha usaha mikro wajib mengikuti penyuluhan keamanan pangan secara online yang menurut rencana akan dimulai pada tanggal 23 November 2020. Sebelumnya para pengusaha usaha mikro harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti penyuluhan tersebut.

Waktu pendaftaran dibuka dari mulai tanggal 13 hingga 20 November 2020. Adapun syarat pendaftaran yakni KTP, pas foto ukuran 3×4 dengan latar belakang merah, Nomor Izin Berusaha, NPWP, lokasi produksi di wilayah Kota Sukabumi, serta memiliki produk olahan  dalam kemasan lebih dari 7 hari.

Produk Industri Rumah Tangga atau PIRT adalah sertifikasi perizinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan. Pembuatan PIRT secara gratis merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi dalam pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi covid – 19.