Klaster Keluarga Seringkali Ditemukan Dari Kasus Suspek

129

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19, dr. Wahyu Handriana, saat ditemui pada hari Kamis, 22 Oktober 2020, menjelaskan mengenai klaster keluarga dalam penyebaran covid – 19 yang saat ini banyak terjadi di Kota Sukabumi.

Seperti dijelaskan oleh Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19, bahwa status klaster keluarga diberikan, jika terjadi lebih dari 2 kasus penularan dalam satu keluarga. Dari beberapa kasus, klaster keluarga diawali dari adanya kasus pasien suspek yang kemudian terbukti positif covid – 19, dan setelah dilakukan tracing serta test, ditemukan pula beberapa kasus penularan dalam keluarga pasien tersebut.  Seringkali kasus suspek tersebut, bukanlah kasus penularan pertama di keluarga, namun diakibatkan tertular oleh anggota keluarga lain yang telah terinfeksi covid – 19.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam kasus klaster keluarga, kemungkinan  kemungkinan ada anggota keluarga yang tidak terinfeksi covid – 19. Dalam penanganan kasus seperti itu,  baik anggota keluarga yang terinfeksi covid – 19 maupun tidak, masih dapat tinggal dalam rumah yang sama, dengan memberlakukan isolasi mandiri bagi yang terinfeksi covid – 19 seperti terpisah kamar dan memakai masker ketika berkumpul dengan anggota keluarga yang sehat.

Hits: 37