Kick Off Vaksinasi Covid – 19 Dosis Ketiga

8

Reporter : Arif Hidayat – Nella – Riksan

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, sesuai arahan Pemerintah Pusat, mulai Rabu, 12 Januari 2022, memberikan vaksin covid – 19 dosis ketiga atau dikenal dengan vaksin booster kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih, saat ditemui pada pelaksanaan vaksinasi booster di Puskesmas Selabatu menjelaskan Kota Sukabumi merupakan satu diantara sepuluh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang diperbolehkan melaksanakan vaksinasi booster, karena terdapat ketentuan bahwa daerah yang bisa memberikan vaksinasi dosis ketiga, capaian vaksinasi covid – 19 dosis pertamanya harus lebih dari 70 % dan dosis kedua lebih dari 60 %.

Adapun target vaksinasi booster, menurut Kepala Dinas Kesehatan, sesuai dengan target vaksinasi sebelumnya yakni sebanyak 269.834 orang. Dijelaskan lebih lanjut, pemberian vaksinasi covid – 19 dosis ketiga yang menggunakan vaksin Astrazeneca, untuk sementara hanya dilakukan dibeberapa Puskesmas, karena saat ini Dinas Kesehatan juga tengah mengejar target pelaksanaan vaksinasi covid – 19 anak usia 6 – 11 tahun di 141 Sekolah Dasar yang sejauh ini capaiannya sudah 20 % dari target 35 ribu orang anak. Ia juga memastikan ketersediaan vaksin covid – 19 di Kota Sukabumi dalam kondisi cukup.

Statement Ka.Dinkes Kota Sukabumi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dalam kesempatan tersebut juga memberikan apresiasi kepada masyarakat, karena pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi covid – 19 dosis ketiga, disambut dengan antusiasme. Hal serupa juga terjadi di Puskesmas Cipelang, karena antrian peserta vaksinasi cukup panjang.


Pelaksanaan Vaksinasi Dosis Ketiga di Puskesmas Tipar

Puskesmas Tipar merupakan satu diantara beberapa Puskesmas di Kota Sukabumi yang melaksanakan pemberian vaksinasi covid – 19 dosis ketiga atau booster, yang dimulai pada 12 Januari 2022.

Kepala UPT Puskesmas Tipar, Eri Kurniawati, menjelaskan untuk mendapatkan dosis ketiga, peserta vaksinasi harus berusia 18 tahun keatas dan pemberian dosis kedua dengan ketiga sudah berjarak lebih dari 6 bulan. Sedangkan vaksin yang digunakan adalah Astrazeneca dengan dosis setengah dari yang diberikan sebelumnya.

Ditegaskannya, vaksinasi dosis ketiga bisa didapatkan oleh masyarakat secara gratis. Selain di Puskesmas Tipar, dosis ketiga vaksin covid – 19 bisa didapatkan di Puskesmas Selabatu, Cipelang, Nanggeleng, Baros, Benteng dan Cibeureum Hilir. Diharapkannya, masyarakat bisa mengikuti vaksinasi dosis ketiga, sehingga memiliki imunitas tubuh yang lebih kuat.

Hits: 4