Kantor Kemenag : Pendaftaran Nikah Untuk Sementara Ditutup

115

Melalui Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No.P-003, ditegaskan bahwa sejak tanggal 1 April 2020 hingga 21 April 2020, pendaftaran akad nikah baik melalui online maupun operator untuk sementara ditutup. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Sukabumi, Drs. H. Asep Hidayat, M.M., ketika diwawancarai melalui telepon oleh Radio Swara Perintis, pada hari Kamis pagi.

Selanjutnya dijelaskan, bagi warga yang telah melakukan pendaftaran nikah sebelum 1 April 2020, pernikahannya akan tetap dilaksanakan namun dengan syarat pernikahan dilaksanakan di kantor KUA setiap kecamatan. Ia pun menambahkan, bahwa keputusan ini diambil dalam rangka mencegah penyebaran virus covid – 19. Mengenai pelaksanaan pernikahan di KUA, ditegaskan tetap memberlakukan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker. Pernikahan tersebut dapat dihadiri dari dua keluarga mempelai dengan batas maksimal yang hadir tidak lebih dari 10 orang.

Pada kesempatan wawancara melalui telepon tersebut juga dihimbau agar masyarakat senantiasa mengikuti kebijakan – kebijakan Pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus covid – 19. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu berkonsultasi kepada Kantor Kementerian Agama mengenai urusan keagamaan terutama dalam masa pencegahan pandemi covid – 19.