Jubir Satgas Covid-19 Jelaskan Berbagai Hal, Mulai Belajar Tatap Muka Hingga Rencana Swab Massal

530

Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid – 19 Kota Sukabumi ,dr. Wahyu Handriana, dalam konferensi pers hari Jumat lalu menerangkan bahwa dalam persiapan pembelajaran tatap  muka, selain melakukan verifikasi kepada sekolah, pihaknya juga telah melakukan tes swab kepada para guru.

Dijelaskannya, tes swab tahap pertama telah dilaksanakan dan diikuti oleh 115 orang guru. Saat ini Satgas Penanggulangan covid – 19, masih menunggu hasil tes swab tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sedangkan tahap kedua tes swab direncanakan dilakukan mulai minggu depan.

Terkait awal pembelajaran tatap muka, ditegaskan oleh Juru Bicara Satgas Penanggulangan covid – 19, rekomendasi telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan saat ini dalam proses menunggu izin keluar.

PROSEDUR BARU PENANGANAN PASIEN COVID – 19

Pada konferensi pers tersebut juga dijelaskan prosedur penanganan pasien covid – 19 yang baru sesuai Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid – 19 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI.

Jika sebelumnya penentuan kesembuhan pasien harus berdasarkan tes swab, maka dengan pedoman terbaru, pasien positif covid – 19, hanya menjalani isolasi selama 10 hari dan dapat dinyatakan sembuh tanpa menjalani tes swab dengan syarat tidak menunjukkan gejala gangguan demam dan pernapasan.

SATGAS PENANGGULANGAN COVID – 19 AKAN LAKUKAN TES SWAB MASSAL

Pada saat bersamaan, Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid – 19, dr. Wahyu Handriana, juga menegaskan bahwa penggunaan masker efektif untuk menangkal penyebaran covid – 19. 

Dijelaskan pula, untuk mencegah penyebaran covid – 19, satgas penanggulangan covid – 19 tengah merencanakan untuk kembali melakukan tes swab massal. Selain itu, jumlah pasien konfirmasi covid – 19 yang cukup naik belakangan ini juga menjadi dasar pihak satgas penanggulangan covid – 19, untuk menggelar tes swab massal.

Pada kesempatan tersebut, Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid – 19 juga menerangkan status Kota Sukabumi saat ini menurun berdasarkan penilaian Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hits: 121