Evaluasi PSBB : Kota Sukabumi Masuk Zona Biru

247
Wali Kota Sukabumi Saat Mengikuti Konferensi Video (16/05)

Berdasarkan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan PSBB, Kota Sukabumi berada di level moderat atau zona biru. Hasil evaluasi tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Bupati dan Wali Kota se – Jawa Barat melalui konferensi video, hari Sabtu, 16 Mei 2020.

Gubernur Jawa Barat menjelaskan level moderat atau zona biru, adalah daerah yang memiliki kasus infeksi covid – 19 secara sporadis yang bersumber baik dari kasus impor atau penularan lokal. Selain Kota Sukabumi, 3 wilayah lainnya yang berada pada level ini adalah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut.        

Berdasarkan data yang disampaikan dalam konferensi video tersebut dijelaskan bahwa penanganan covid – 19 ke depannya pada  setiap level tersebut berbeda.  Wilayah  kategori level moderat atau zona biru, dibutuhkan penerapan physical distancing untuk mencegah penyebaran virus covid – 19. Sedangkan 9 Kabupaten dan Kota dianjurkan menerapkan PSBB Parsial karena masuk dalam level berat dan 14 Kabupaten serta Kota dianjurkan menerapkan PSBB secara penuh.

Gubernur Jawa Barat meminta setiap Bupati dan Wali Kota yang daerahnya menerapkan PSBB sejak 6 Mei lalu untuk memberikan evaluasi PSBB didaerahnya masing – masing untuk menjadi pertimbangan dalam mengambil langkah dan kebijakan berikutnya.