Covid – 19 : Angka Reproduksi Efektif 0.68

215

Berdasarkan hasil evaluasi penanggulangan covid – 19 yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jumat pekan lalu, angka reproduksi efektif (Rt) covid – 19 di Kota Sukabumi berada pada angka 0,68. Sementara itu jumlah kesembuhan pasien positif covid – 19 hingga 1 Juni 2020, mencapai 41 pasien atau sekitar 66 % dari total 62 kasus positif covid – 19. Dengan hasil tersebut, Kota Sukabumi masuk dalam kategori Kota dan Kabupaten yang diizinkan untuk melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Angka reproduksi yang dilambangkan dengan huruf R terbagi menjadi dua. Pertama, R.0 yang merupakan angka reproduksi potensi penularan penyakit. Kedua, R.t yakni angka reproduksi efektif atau angka reproduksi penyakit menular setelah dilakukan intervensi atau tindakan. Tindakan tersebut seperti yang telah dilakukan Pemerintah diantaranya melalui penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Angka reproduksi efektif atau R.t diukur dengan 3 indikator yaitu jumlah kasus positif aktif, jumlah kesembuhan, dan jumlah kematian berdasarkan waktu harian.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang membuat panduan new normal atau AKB menjelaskan bahwa new normal atau AKB dapat diterapkan jika angka reproduksi efektif dibawah 1. Selain itu syarat penerapan AKB lainnya seperti mampu mengendalikan transmisi Covid-19, menyediakan sistem kesehatan yang memadai dalam mengidentifikasi, mengisolasi, menguji, melacak kontak, dan mengkarantina.

Kota sukabumi sendiri, seperti dijelaskan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beberapa hari yang lalu, akan memulai AKB dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pembukaan kembali rumah ibadah.

Hits: 31